Lorem Ipsum

Rabu, 19 Januari 2011

Inkscape " Icon Facebook"

Ok kita mulai sahabat. :) (wah dari tadi ternyata belum mulai toh…. :-? ) pertama – tama pastinya kita buka terlebih dahulu aplikasi inkscapenya sahabat. :) hm……….. lah ayo jangan diam saja, di klik dua kali donk aplikasi inkscapenya sahabat. (Ah…. gitu donk… :mrgreen: )
Eh…. ngomong – ngomong sahabat sudah pada tahu kan icon facebook itu seperti apa??? :) (ya pastilah orang tiap internetan pasti yang dibuka itu facebook :mrgreen: ). Bagi yang belum tahu ini aku kasih tau.
facebook icon
Kira – kira nanti kita akan membuat icon seperti itu sahabat. :) Ok lanjut…. Sudah di buka kan aplikasi inkscapenya?? (hayo siapa yang belum menjalankan aplikasi inkscapenya….. :mrgreen: ) pertama kita buat bagian kotaknya dulu sahabat. :) caranya seperti ini :
Pada bagian Tool Box pilih tool yang bergambar kotak seperti ini sahabat :
tool kotak
Setelah itu kita sudutnya sahabat agar menjadi tumpul seperti gambar diatas dengan cara seperti ini sahabat, pada bagian Tool Control Bar disitu ada tulisan yang bertulisan Rx dan Ry kedua tool ini berfungsi untuk mengubah sudut lancip dari persegi menjadi sudut tumpul, kita bisa menggunakan salah satu dari tool tersebut sahabat, kita bisa menggunakan Rx atau pun Ry karena hasilnya sama saja. Disini aku mengset Rx nya menjadi 40 seperti gambar berikut :
Mengatur Sudut
Setelah kita atur sudutnya sekarang kita buat perseginya pada lembar kerja inkscape sehingga di dapat hasil seperti ini :
Persegi Dengan Sudut Tumpul
Kemudian kita beri warna sahabat dengan cara seperti ini :
Pada bagian Palette yang terletak di bagian bawah kita pilih warna biru (#0000D4).
Biru (#0000D4)
Kemudian kita set pula warna pinggirannya dengan cara klik kanan trus set stroke.
Set Stroke Biru
Maka akan didapat hasil seperti ini sahabat. :)
Persegi Berwarna Biru
Kemudian kita set opacity dari kotak tersebut sahabat dengan cara tekan tombol CTRL+SHIFT+F sehingga akan tampil kotak Fill and Stroke seperti ini sahabat dibagian kanan.
Fill and Stroke
Pada bagian yang bertulisan opacity kita set opacitynya menjadi 88,9 % sahabat.
Opacity 88,9 %
Setelah itu kita buat bagian garis yang terletak di bagian dalamnya sahabat, dengan cara seperti ini :
Klik persegi yang ada kemudian kita duplikasi dengan menekan tombol CTRL+D, setelah itu kita set warnanya menjadi tidak berwarna dengan cara pada bagian Palette kita klik warna yang bertanda silang.
Tak Berwarna
Setelah itu kita set warna strokenya menjadi berwarna biru muda (#D7F4EE) dengan cara yang sama seperti sebelumnya yaitu klik kanan pada warna yang bersangkutan kemudian Set Stroke.
Set Stroke Biru (#D7F4EE)
Setelah kita set strokenya kemudian kita set ketebalan strokenya sahabat dengan cara pada kotak Fill and Stroke atau kita bisa membukanya dengan menekan tombol CTRL+D kemudian kita buka Tab Stroke Style dan kita set Width-nya menjadi 10 px.
Set Stroke Width
Berikut adalah hasilnya sahabat.
Hasil Pinggiran
Setelah itu kita perkecil kotaknya sabahat, dengan mengklik tombol CTRL kemudia kita tarik bagian ujung atas sebelah kanan.
Pengecilan Kotak
Lalu kita atur letaknya sahabat, usahakan tepat berada di posisi tengan kotak. :)
Pas Tengah
Setelah itu kita opacitynya menjadi 59,3 % sahabat dengan cara yang sama seperti sebelumnya, yaitu kita set pada kotak Fill and Stroke pada tab Fill.
Opacity 59,3%
Setelah garis bagian dalam kita buat sekarang kita membuat huruf F nya sahabat, seperti ini caranya : :)
Pada tool box kita pilih tool yang bergambar huruf A seperti ini sahabat :
Tool mambuat Huruf
Setelah itu kita set bentuk jenis hurufnya pada bagian Tool Control Box, disini aku menggunakan jenis huruf Calibri sahabat. Kemudian kita set Bold terhadap hurufnya. Berikut hasilnya sahabat :
Huruf F Awal
Lalu kita ubah warnanya menjadi berwarna putih sahabat, dengan cara yang sama yaitu pada bagian Palette kita klik bagian warna yang berwarna putih.
Putih
Kemudian kita perbesar dengan cara tekan tombol CTRL kemudian kita tarik bagian ujung kanan bawah sehingga menjadi seperti ini sahabat.
Huruf F Diperbesar
Setelah huruf terbentuk kemudian kita membuat bagian mengkilapnya sahabat. Berikut caranya :
Pertama kita akan membuat sebuah lingkaran oval sahabat, pada bagian Tool Box kita pilih Tool yang bergambar lingkaran.
Tool Lingkaran
Kemudian kita buat lingkarannya di bagian atas menutupi bagian atas huruf F seperti ini sahabat.
Lingkaran
Kemudian kita duplikat kotak awal yang berwarna biru sahabat.
Duplikat Bagian Kotak
Lalu kita blog kotak dan lingkaran yang telah kita buat sahabat, dengan cara pertama kita klik dulu kotakknya kemudian kita tekan tombol SHIFT lalu klik pula lingkarannya, hasilnya jadi seperti ini sahabat.
Kotak dan Lingkaran Terblok
Setelah terblok kedua bidang ini kemudian pada bagian Menu Bar kita klik Menu Path kemudian klik Division.




Path and Division

Sehingga hasilnya seperti ini sahabat.
Hasil Path and Division
Kemudian kita hapus bagian atasnya sehingga menjadi seperti ini.
Bagian Atas Terhapus
Nah sekarang kita set warna serta strokenya menjadi warna putih seperti ini.
Set Warna Putih
Kemudia kita tekan CTRL+SHIFT+F untuk menampilkan kotak Fill n Stroke pada tab Fill kita atur opacitynya sahabat disini opacitynya aku set sebesar 23%.
Set Opacity
Sehingga hasilnya seperti ini sahabat.
Setelah Penurunan Opacity
Untuk sentuhan terakhir kita duplikat bagian kotak yang berwarna biru sahabat kemudian kita set warnanya menjadi warna biru Aqua (#00FFFF)
Sentuhan Akhir 1
Lalu kita atur opacitynya sebesar 27,9% sehingga hasilnya sebagai berikut.
Sentuhan Akhir 2
Langkah terakhir kita klik bagian kotak yang berwarna Aqua tadi sahabat trus kita tekan tombol PageDown (PGDN) sebanyak 3 kali ini digunakan untuk menempatkan posisi kotak tersebut berada di bagian bawah dari Huruf F. Sehingga hasil akhirnya seperti ini sahabat… Taraaaaaa…….
Hasil Akhir
Yach seperti itulah cara pembuatannya sahabat. Bagaimana??? Mudah bukan. :) (iya donk…. pasti mudah. :) ). Aku harap para sahabat bisa mengerti dan bisa mengikuti akan apa yang aku tulis ini. Mungkin Tutorial ini sederhana, tapi aku harap tutorial ini berguna bagi yang membutuhkan. :) . huft….. capek juga rasanya…..



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger