Lorem Ipsum

Rabu, 19 Januari 2011

Program GIMP


Menjalankan Program GIMP

GIMP LOGO
GIMP LOGO
1. Menjalankan GIMP
Biasanya, bagi pengguna linux atau keluarga unix, pengguna menajalankan GIMP dengan mengklik ikon yang tersedia pada start menu (tentunya jika terinstall/terpasang pada saat instalasi GIMP), atau dengan mengetikkan gimp pada perintah baris (command line). Cara umum dalam memulai GIMP adalah dengan mengkases program GIMP langsung dari menu, meskipun demikian, mungkin juga untuk membuka file langsung dari dalam maupun dari luar GIMP setelah berjalan.
Pada sebagian besar sistem operasi, Anda dapat mengatur secara manual berbagai jenis file gambar yang “terkait” atau yang bertipe image untuk dibuka langsung dengan GIMP, dan ini menjadikan file tersebut dibuka oleh GIMP secara otomatis apabila ikon file tersebut diklik.
2.1. Mengenal Platform
GIMP adalah program manipulasi image yang paling banyak mendukung berbagai sistem operasi yang tersedia saat ini. Platform sistem operasi yang dikenal di mana GIMP dapat berjalan antara lain:
GNU / Linux ™, Apple Mac OS X ™, Microsoft Windows ™, ™ OpenBSD, NetBSD ™, ™ FreeBSD, Solaris ™, SunOS ™, ™ AIX, HP-UX ™, Tru64 ™, Digital UNIX ™, OSF / 1 ™, IRIX ™, OS / 2 ™, dan BeOS ™.
GIMP mudah di-porting ke sistem operasi lain karena ketersediaan sumber kode. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi homepage GIMP pengembang. [GIMP-DEV].
2.2. Bahasa
GIMP mendeteksi semua sistem bahasa dengan baik, Anda ingin menggunakan bahasa lain. Sangat dimungkinkan untuk mengubah setting bahasa pada sistem operasi di bawah ini:
Linux
Dalam LINUX: dalam mode konsol, ketik LANGUAGE = id gimp atau LANG = id gimp digantikan oleh en fr, de, … sesuai dengan bahasa yang Anda inginkan. Background: Dengan menggunakan LANGUAGE = id Anda mengatur variabel lingkungan untuk program yang dijalankan gimp di sini.
Windows XP
Control PanelSystemAdvancedEnvironment pada area “System Variables”: Add button: Enter LANG for Name and fr or de or id… untuk isian bahasanya. Anda harus klik pada tiga berturut-turut OK untuk memvalidasi pilihan.
Jika Anda sering mengubah bahasa, Anda dapat membuat batch file. Buka NotePad. Ketik perintah berikut (misalnya untuk Perancis):
menetapkan lang = fr
mulai gimp-2.6.exe
Simpan file ini sebagai GIMP-FR.BAT (atau nama lain, tetapi selalu dengan.BAT ekstensi). Membuat jalan pintas (shrtcut) dan tarik ke desktop Anda.
Kemungkinan lain: Start → Program → GTK Runtime Environment Kemudian Pilih bahasa dan pilih bahasa yang Anda inginkan dalam daftar yang menunjukkan ketertinggalan atas.
2.3. Argumen Baris Perintah
Biasanya Anda tidak perlu memberikan argumen ketika mulai GIMP, tapi di sini adalah daftar dari beberapa argumen command line yang mungkin pada satu waktu lain akan bermanfaat. Ini bukan merupakan daftar lengkap; pada sistem Unix Anda dapat memperoleh daftar lengkap dengan menjalankan man gimp dalam jendela terminal.
Untuk menggunakan opsi baris perintah, anda harus meletakkan mereka pada command line yang anda gunakan untuk memulai sebagai GIMP gimp-2,6 [OPTION ...] [FILE | URI ...].
-, – Help
Menampilkan daftar semua commandline pilihan.
- help-all
Tampilkan semua membantu pilihan.
- help-gtk
Tampilkan Pilihan GTK +.
-v, – version
Mencetak versi GIMP yang digunakan, dan keluar.
- licence
Menampilkan informasi lisensi dan keluar
- verbose
Rinci menunjukkan pesan start up.
-n, – baru-contoh
dan masih banyak argumen lain yang bisa digunakan dengan melihat manual GIMP pada sistem Unix Anda.
Catatan:
  1. Tulisan dialihbahasakan dari dokumentasi resmi GIMP
  2. Download Installer GIMP bisa diambil di situs resmi GIMP [versi 2.6.6]
  3. Download GIMP Portable [versi 2.6.6]



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger